Kamis, 19 Februari 2009

::: Arti Sebuah Pohon :::

-->
"Kita tidak akan pernah dapat menghargai pohon selama kita tidak pernah mendengarkan bahasa pohon. Seperti pepatah bijak dari cina 500 SM, “jika engkau berpikir untuk satu tahun ke depan, semailah sebijih benih, jika engkau berpikir untuk sepuluh tahun ke depan, tanamlah sebatang pohon”.

Banyak cara dapat kia lakukan untuk menyelamatkan bumi yang kian rapuh. Salah satunya dengan menanam pohon, sang primadona efek pemanasan bumi, penyelamat lingkungan.

Pohon adalah salah satu keajaiban alam terhebat. Semua ajaran agama dengan tegas menempatkan pohon menjadi simbol dan sumber kehidupan manusia. Relief – relief di candi borobudur, candi prambanan dan candi – candi lain melukiskan pohon dalam kehidupan kita. Sakral dan romantis. Cinta dan kedamaian terukir dengan menanam pohon dan segala aktivitas kehidupan di bawah pohon. Kebencian dan anarki dilukiskan dengan menebang pohon.

Pohon adalah pembentuk ruang paling dasar (akar dan tanah = lantai, batang = tiang, ranting dan daun = atap) yang menciptakan keteduhan agar manusia dapat melakukan aktivitas di bawahnya. Sang Buddha Gautama merenung hening di bawah pohon bodi (picus religiosa). Para murid yang sekolahnya ambruk tetap dapat belajar di bawah kekeringan pohon.

Bumi dan perempuan adalah satu. Kata bumi sendiri berkonotasi perempuan. Bumi tempat pohon berpijak menghujamkan akarnya. Bumi, pohon dan perempuan mengispirasi sutradara Garin Nugroho untuk membuat film terbarunya berjudul Under the Tree. Bagi Garin, pohon mempunyai banyak makna yang menjadi bagian tak terlupakan dalam kehidupan semua orang di bumi. Pohon dan perempuan juga telah mendorong gerakan perempuan tanam dan pelihara sepuluh juta pohon (1/12/2007) untuk menyelamatkan bumi.

Pohon beringin (ficus benjamina) dipilih sebagai lambang persatuan indonesia, sila ketiga pancasila. Pohon kalpataru (barringtonia asiatica), pohon kehidupan, dijadikan simbol penghargaan bagi pahlawan pelestarian lingkungan hidup.

Pusat – pusat koa di jawa ditandai dengan dua pohon beringin kurung di alun – alun sebagai titik nol kota. Pohon kamboja (plumeria alba) banyak ditanam di pura – pura suci di bali atau di tanah pemakaman di jawa.

Sebutan kota – kota kita juga ada yang berasal dari ciri khas pohon – pohonnya, seperti semarang (pohon asem yang ditanam jarang – jarang), bogor yang identik dengan pohon kenari. Begitu pula sejumlah kawasan di jakarta, dulu sunda kelapa (cocus nucifera), kawasan menteng (becceurea recemosa), cempaka putih (michelia alba), karet (ficus elastica), kemang (mangifera caecea), kelapa gading (cocos capitata), kapuk (ceiba petandra), kosambi (schleichera oleosa) atau kebayoran (bayur = pterospermum javanicum)

Tetapi pohon – pohon kini merana karena tumbang ditiup angin atau ditebangi tanpa kendali. Padahal, pohon wajib dilindungi dan dilestarikan apa pun alasannya. Menebang pohon sama saja mempercepat ajal kita.

Pada era pemanasan bumi dan berbagai bencana alam (banjir, tanah longsor, percemaran udara, krisi air) terjadi gerakan penanaman pohon besar yang lebih banyak lagi merupakan hal mutlak. Pohon berjasa menahan air dalam tanah, mencegah erosi dan longsor, menjadi habitat bagi beragam makhluk hidup, memproduksi oksigen, menyerap karbondioksida – gas rumah kaca penyebab pemanasan global – menyaring gas polutan, meredam kebisingan, angin dan sinar matahari dan menurunkan suhu kota.

Menanam pohon sebenarnya berbicara tentang kearifan konsumsi – investasi, menjamin kelangsungan lingkungan warga dan kota. Selalu ada alternatif penyelesaian cerdas dalam membangun kota tanpa harus menebangi pohon jika kita mau berpikir panjang. Seluruh warga hendaknya berpartisipasi menggerakkan lompatan besar menghijaukan kota melawan proses penggurunan kota (hutan beton).

United Nations Environment Programme (UNEP, 2007) berkampanye “Plant for the Planet: Billion Tree Campaign”, sebagai salah satu upaya memulihkan kondisi bumi dari pemanasan global melalui gerakan menanam pohon (http://www.unep.org/billiontreecampaign). Di kota, gerakan penghijauan masih sekedar seremonial belaka. Terbengkalai, tidak dipelihara dan mati.

Menanam pohon ada aturannya, tidak asal tanam. Penanaman pohon mensyaratkan kecocokan jenis pohon (pantai, daratan rendah, pegunungan), fungsi (ekologis, ekonomis, estetis), ketepatan cara (standar keamanan dan keselamatan), waktu penanaman, penyediaan, pemilihan dan pendistribusian (dalam jumlah besar), serta pemeliharaan pasca tanam. Penanaman harus memperhatikan segi estetika arsitektural, lanskap visual kota, peran maksimal terhadap lingkungan, aman terhadap konstruksi, batang tak mudah patah dan berumur panjang (ratusan tahun).

Pohon – pohon pengikat tanah dan penyimpan air tanah ditanam di lahan kritis yang rawan longsor dan erosi. Pohon bakau memagari kawasan tepian pantai hingga menyusup ke jantung kota melalui bantaran kali untuk mencegah intrusi air laut, menahan abrasi pantai, menahan air pasang, angin dan gelombang besar dari lautan lepas, mencegah pendangkalan dan penyempitan badan air, menyerap limpahan air dari daratan (saat banjir), menetralisi pencemaan air laut dan melestarikan habitat tiga ekosistem hutan bakau yang kaya keanekaragaman hayati.

Jenis pohon tertentu terpilih sebagai pohon penyelamatan (escape trees) yang ditanam di sepanjang jalur evakuasi bencana (escape route) menuju taman atau bangunan penyelamatan (escape building) lainnya. Penanaman pohon besar di sepanjang jalur hijau jalan, jalur pedestrian, bantaran rel kereta api, jalur tegangan tinggi serta jalur tepian air bantaran kali, situ, waduk, tepi pantai dan rawa – rawa akan membentuk infrastruktur hijau raksasa yang berfungsi ekologis. Kota pohon memberi keteduhan pada pejalan kaki dan penunggang sepeda.

Berbagai penelitian membuktikan, 1 hektar ruang terbuka hijau (RTH) yang dipenuhi pohon besar menghasilkan 0,6 ton O2 untuk 1.500 penduduk/hari, menyerap 2,5 ton CO2/tahun (6 kg CO2/batang per tahun, menyimpan 900 m3 air tanah/tahun, mentransfer air 4.000 liter/hari, menurunkan suhu 5o C – 8o C, meredam kebisingan 25 – 80 persen dan mengurangi kekuatan angin 75 – 80 persen. Setiap mobil mengeluarkan gas emisi yang dapat diserap oleh 4 pohon dewasa (tinggi 10 m ke atas, diameter batang lebih dari 10 cm, tajuk lebar, berdaun lebat).

Pemerintah perlu mensurvey ulang, mendeteksi tingkat kesehatan dan keamanan serta mengambil tindakan perawatan, pemeliharaan dan asuransi pohon. Unit reaksi cepat perlu tanggap memberi pertolongan darurat, memangkas pohon sakit atau rawan tumbang, menyingkirkan pohon tumbang, mengangkut dan mengolah sampah pohon serta didukung standar kinerja, kompetensi pekerjaan, sertifikasi tenaga pengawas dan pelaksana pemeliharaan pohon. Ini agar warga kota tidak paranoid, takut pohon tumbang saat musim hujan tiba atau ada angin puting beliung.

Pemerintah bersama masyarakat dapat memelihara dan melindungi pohon. Kita dapat mengadopsi dan menjadi orang tua angkat pohon – pohon besar di depan rumah.

Ada beberapa pohon yang layak tanam untuk kota besar seperti jakarta, yaitu pohon trembesi/ki hujan (Samanea saman), asam (Tamarindus indica), mahoni (Swietenia mahogani), tanjung (Mimusops elengi) atau bintaro (Cerbera manghas). Selain itu, pohon buah – buahan yang menarik bagi burung dan tupai dapat pula ditanam di lingkungan rumah kita, seperti pohon mangga (Mangifera indica), sawo kecik (Manilkara kauki), rambutan (Nephelium lappaceum), nangka (Artocarpus integra). Kawasan pantai dapat ditanami waru laut (Hibiscus tiliaceus), cemara laut (Casuarina equisetifolia), nyamplung (Calophyllum inophyllum), ketapang (Terminilia cattapa).

Ingat pula, kata Al Gore, “Plant trees, Lots of trees.” (An Inconvenient Truth, Al Gore, 2007).

By: nirwono joga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar